Jarow bak langay, Mata u pasay!

Jumat, 20 Januari 2017

Apam Awak Aceh

Apam Aceh

Apam adalah salah satu jenis makanan khas Aceh yg sangat Special. Apam biasanya dimakan bersamaan dengan kuah yg diberi santan kental dan telah dimasak agar rasa nya lebih lezat dan nikmat. Saking Istimewanya masakan Apam, tak ayal seluruh masyarakat Aceh menjadikan suatu bulan yang Sakral dan membuat Apam dengan berbagai macam resep kuahnya untuk merayakan  Khanduri Apam atau Apam Party(Pesta Apam) yaitu di Buleun Apam.
Tetapi dibalik keistimewaan rasa Apam, tersimpan berjuta "keanehan" yg sudah bukan rahasia umum bagi masyarakat Aceh, terutama bagi kaum laki-laki. Apam sering di Identikkan dengan sesuatu yg Mustahil kita sebutkan disini...

Kenapa saya katakan Mustahil?,
            Dikalangan masyarakat Aceh sendiri yg notabene pencipta dan pecinta Apam, sebutan Apam terkadang bisa menjadi suatu momok yg menggelikan dan memalukan bahkan menjadi suatu pantangan untuk bercerita tentang Apam didepan anak-anak. Dan sangat jarang kita temui orang-orang menyebut Apam didepan umum, jarang kita temui ada orang yg berkata; “ Coba lihat Apam kamu atau Apam mu enak ya,,,”

Berikut saya kutip beberapa kalimat tentang Apam yang saya sebut tadi sebagai hal yang Mustahil.
-“Boleh saya pegang Apam kamu?”
-“Saya suka Apam kamu”
-“Saya ingin makan Apam kamu”
-“Apam kamu tebal ya?”
-“Kenapa Apam kamu kering, biasa kan banyak santan?”

Terkadang kata Apam juga bisa menyakiti perasaan orang lain, contohnya:
-“Kah peu kateupeu, Apam”
-“Lagey Apam kah"

Atau bisa juga digunakan untuk kalimat sindiran:
-“Cukop tubai Apam jih”
-“Apam tho”
-“Pajoh Apam”

            Dan masih banyak lagi kalimat lain yang begitu Mustahil jika disebutkan dengan menyertakan nama Apam.
Jadi tidak salah lagi jika ada orang yang menyebut Apam Awak Aceh sangat Istimewa dan rasa beserta namanya pun begitu istimewa.

Bersambung....

Oleh: FuadTav

0 komentar:

Posting Komentar